Tips dan Trik Mengatasi Ketidaksesuaian Jumlah Posting di Halaman Utama

Pernahkah Anda mengalami masalah ketidaksesuaian jumlah posting di halaman utama dengan angka setting di “elemen laman”? Dan apakah sudah ketemu solusinya? Bila sudah mengalami dan belum ketemu solusinya, ikuti pengalaman di bawah ini mungkin dapat dijadikan tips dan trik untuk mengatasinya. Dan ternyata, sesuai pengalaman saya, cara mengatasi atau solusi atau tips dan triknya sangatlah mudah dan sederhana.

Saya pernah membaca dalam sebuah posting tentang tidak sesuainya jumlah posting yang muncul di halaman utama dengan pada saat disetting. Padahal biasanya bila disetting dengan angka 5 maka jumlah posting yang munculpun lima. Jadi umumnya, terjadi kesesuaian antara saat setting dengan jumlah posting di halaman utama.

Pada blog http://www.berryhs.com dengan tema di atas, disebutkan solusinya adalah dengan mensiasati jumlah posting dalam setting dengan angka lebih besar. Misalnya, problemnya adalah ketika disetting tujuh munculnya hanya lima. Padahal yang diinginkan jumlah posting yang muncul di halaman utama adalah 7. Karena yang muncul adalah jumlah posting yang lebih kecil maka dalam setting angkanya dibuat lebih besar, misalnya sepuluh. Dengan harapan, posting yang mucul di halaman utama adalah antara tujuh dan delapan.

Tetapi menurut saya, solusi ini belum menyelesaikan akar masalahnya. Karena penyebabnya apa belum ditemukan. Dan jumlah posting yang munculpun bisa jadi kembali normal. Kalau disetting 10 dan ternyata kembali normal, maka jumlah posting di halaman utama pun menjadi sepuluh. Berarti kita harus atur dan setting ulang lagi. Seperti yang saya alami.

Kasus ketidak sesuaian jumlah posting di halaman utama dengan angka pada saat disetting sesungguhnya pernah juga Materi Dakwah Islam dan Kultum alami. Pada saat disetting jumlah posting dengan jelas tertulis 5, tetapi yang muncul selalu hanya empat atau tiga di halaman utama. Anehnya, terkadang tidak terjadi masalah apa-apa atau normal-normal saja. Artinya, bila dalam setting tertulis 5 maka jumlah posting di halaman utama pun lima.

Karena kembali normal dan tidak masalah, maka sayapun gembira karena sesuai dengan yang disetting. Apakah masalahnya selesai? Ternyata tidak! Suatu saat muncul lagi. Kemudian saya berfikir dalam, kenapa dan apa sebabnya hingga seperti ini blog Materi Dakwah Islam dan Kultum. Saya terus mengingat-ingat, apa yang telah saya lakukan pada saat setelah persoalan kembali normal. Sampai lama dan nggak ketemu-ketemu. Hingga saya tetap dalam kondisi kecewa karena tampilan blog Materi Dakwah dan Kultum tidak seperti yang diharapkan.

Hingga akhirnya terbersit dalam hati, mungkinkah ini semua terpengaruh dengan cara saya dalam memposting artikel. Kebiasaan saya adalah mengetik langsung di “Buat Entri Baru”. Dan sesekali saya mengetik di MS Word dengan maksud biar tidak kerepotan setting. Karena setting sudah saya lakukan di MS Word dan tinggal ko-pas di “Tambah Entri Baru”. Cara ini memang sedikit lebih efisien. Tetapi dampaknya adalah sangat berpengaruh pada jumlah posting di halaman utama yang tidak sesuai dengan angka setting di “Elemen Laman”.

Hal di atas, paling tidak menurut hemat saya. Karena setelah saya posting artikel dengan cara mengetik langsung di “tambah entri baru” atau walaupun saya mengetik di MS Word tetapi tidak langsung saya paste-kan di “compose” melainkan di “edit html”, masalah kacaunya jumlah posting di halaman utama tidak terjadi lagi. Dan blog Materi Dakwah Islam dan Kultum baik-baik saja.

Jadi kesimpulannya adalah, solusi terbaik –berdasar pengalaman saya—kita tidak menggunakan setting di MS Word langsung kopas di “tambah entri baru”. Kalau toh mengetiknya di MS Word, tetapi pasa saat kopas lebih baik di “edit html” dan bukan di “compose”.

Semoga bermanfaat!