Siapakah Tuhan Itu? Kenapa Tiap Agama Punya Tuhan Yang Berbeda?

Siapakah Tuhan Itu? Kenapa Tiap Agama Punya Tuhan Yang Berbeda? Allah, Yesus, sang Hyang widi wase, dewa dewa atau siapa? Lantas kenapa berbeda beda tiap agama? apakah manusia diciptakan oleh tuhan yang berbeda beda? Berikut penjelasannya
Kata Tuhan dalam bahasa Indonesia mewakili dua kata arab sekaligus yaitu "Rabb" dan "Ilah"
pengertian yang lebih cermat bisa kita dapatkan ketika kita terjemahkan kata "Rabb" dan "Ilah" ini dengan kata indonesia yang lebih spesifik:

1.RABBana atiina fiddunya khasanah,...dst = TUHANkami karuniakan atas kami kebaikan di dunia,...dst

2. La ILAH illa LLah = tidak ada TUHAN selain Allah

kalimat pertama pakai RABB, yang kedua pakai ILAH,... tapi kedua duanya diterjemahkan sebagai TUHAN.


coba perhatikan detail penterjemahan berikut:


"Rabb"= artinya Tuhan yang menciptakan alam Semesta

"Illah"= artinya sesembahan/ panutan/ idola/ yang diutamakan/ yang dimintai pertolongan perlindungan/ yang ditakuti yang disegani. (biasanya ahli bahasa menyingkat pengertian semuanya itu menjadi "yang dipertuhankan, atau yang dianggap sebagai tuhan yang ditaati)



dengan pengertian RABB dan ILAH diatas dengan mudah kita bisa membantu menjelaskan jawaban atas judul artikel ini.


1 semua orang (agama apapun) termasuk ateis kalau ditanya siapakah RABB itu? (maksudnya siapakah yang menciptakan dunia dan isinya termasuk manusia?) maka hati mereka akan menjawab Tuhan (yaitu Tuhan yang jumlahnya pasti hanya satu) nah Tuhan yang ada dalam jawaban hati mereka itulah Allah. (hanya saja ada orang yang mengenal nama Allah ada juga yang mengenal nama Allah Bapa, ada juga widhi wase ada juga yang tidak tau namanya tapi pokoknya kalau ada yang mencipta dunia ini pasti tuhan yang cuma satu aja gitu lah kira kira)


2. tapi kalau kita tanya siapakah ILAH kalian? (maksudnya siapakah yang kalian sembah/ siapakah yang kaliat takuti hukumannya, siapakah yang kalian harap pertolongannya, siapakah yang kalian andalkan dalam hidup ini, siapakah yang bisa menyelamatkan anda, siapakah juru selamat anda, siapakah yang melindungi anda, kalau anda memohon perlindungan dan pertolongan anda memohon kepada siapa? kalau anda kesulitan anda minta bantuan pada siapa?Siapakah yang kalian taati?dsb..... KALAU KITA TANYA TENTANG TUHAN YANG BEGINI PASTI JAWABNYA BERBEDA BEDA.

yang kristen bilang Yesus yang mengabulkan doa, yang melindungi dan menyelamatkan (bukan Allah)
yang hindu bilang yang menyelamatkan adalah Syiwa yang tidak jadi marah
yang budha bilang sidarta memberi ajaran dan keselamatan
yang kejawen bilang sang hyang dumadi lah yang menyelamatkan kami dst



jadi TUHAN PENCIPTA ITU SATU 

tapi TUHAN SEMBAHAN ORANG ITU MACAM MACAM BERGANTUNG SELERA MASING MASING



lalu gimana dong?

ya gak gimana gimana,.... yang minta pada Yesus yaa nanti diketemukan ama Yesus
yang minta ke syiwa, ketemu ama syiwa
yang mintake budha, ketemu ama budha



dan yang mau kembali selamat kepada Allah yaa gampang saja,... mintalah kepada Allah bukan kepada yang lain.


tapi nanti kan Yesus akan menyampaikan doa kita kepada Allah?.....

lhoh,... Allah sudah membuka pintu untuk semua orang, tak harus melalui ini atau itu,... langsung aja minta ke Allah,... kalau anda minta ke Yesus,... wah, Yesus juga kan minta sama Allah? nah nanti kalau anda dikasitau tentang anjuran dan ajaran dan perintah Allah melalui quran atau injil atau taurat atau zabur atau sukhuf ibrahim atau sukhuf musa,... jangan sekali kali bikin alasan untuk tidak melakukannya. kalau Allah bilang sujud yaa sujud saja lah,.... Allah bilang puasa ya puasalah,... nah kalau udah gitu maka anda sudah menuju pada sembahan yang bakal menyelamatkan anda yaitu Allah yang menciptakan dunia seisinya dan Allahlah yang memiliki semua di dunia dan di akhirat nanti