Tentang Saya

Saya bernama Sodikin Masrukhin, biasa dipanggil oleh rekan-rekan dengan sebutan Pak Dikin.

Lahir di Demak, tepatnya desa Kenduren kecamatan Wedung kabupaten Demak. Hari dan tanggal lahirsaya adalah Ahad Pahing 12 April 1970.

Pendidikan saya adalah S.1, fakultas Tarbiyah jurusan PAI, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang. Saat ini sedang menempuh S.2 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan konsentrasi Pemikiran Hukum Islam. Tahun 2011 ini saya lagi menyelesaikan tesis sebagai syarat lulus S.2.
Pendidikan dasar saya selesaikan di SD Kenduren 1 kabupaten Demak di mana saya dilahirkan.


Selanjutnya, ketika menempuh SLTP dan SLTA saya lakukan di kabupaten Kudus, tepatnya di Pondok Pesantren Ma’ahid yaitu MTs (madrasah Tsanawiyah) Ma’ahid dan MA (Madrasah Aliyah) Ma’ahid di Jl. Sumur Tulak desa Krapyak kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus. (terimakasih yang tak terhingga kepada para ustadz di pondok, baik yang masih sugeng (hidup) atau yang sudah sumare (wafat).

Saat ini saya tinggal di desa Gembong kecamatan Bojongsari kabupaten Purbalingga. Aktifitas keseharian saya adalah sebagai Kepala MTs Muhammadiyah 10 Purbalingga. Di samping sebagai tenaga pendidik, saya juga terkadang diundang untuk memberikan tausiyah dalam berbagai kesempatan. Misalnya, saya diundang untuk memberikan tausiyah atau tadzkir atau juga ceramah dalam acara hari besar Islam, resepsi pernikahan, dan sebagainya. Termasuk juga mengisi pengajian rutin di mushalla dan masjid.

Materi yang tersaji dalam blog Materi Dakwah Islam dan Kultum  ini merupakan ikhtisar atau ringkasan dari ceramah-ceramah yang pernah saya berikan dalam berbagai kesempatan tersebut. Dengan harapan memberikan manfaat kepada banyak orang dan paling tidak, apa yang pernah saya sampaikan terdokumentasi dengan baik.

Materi-materi yang saya sampaikan umumnya hal-hal ringan. Namun sesekali memang ada hal-hal serius. Di antara materi yang saya sampaikan meliputi aqidah, akhlak, ibadah, muamalah, tamadun Islam, tsaqafah islamiyah. Bahkan ada juga selingan mengenai kegelisahan saya terhadap berbagai masalah bangsa dan masyarakat.

Mohon maaf sekiranya terdapat kesalahan dan kekeliruan, baik dalam hal penyampaian maupun materi-materi yang ada di dalam blog ini. Kepada Allah saya hanya dapat mengatakan mohon ampun dan astaghfir Allah al-‘Adhim.

Akhirnya, silahkan mengutip dan mengkopi atau menyebarluaskan content yang terdapat dalam blog ini kepada masyarakat untuk kepentingan dakwah amar ma’ruf nahi munkar asal menyertakan sumber aslinya, yaitu http://pak-sodikin.blogspot.com/





SILAHKAN MASUKKAN ALAMAT EMAIL ANDA
UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL "MATERI DAKWAH ISLAM DAN KULTUM"






SILAHKAN MASUKKAN ALAMAT EMAIL ANDA
UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL "MATERI DAKWAH ISLAM DAN KULTUM"