Untuk Menjadi Muslim Apakah Harus Bisa Baca Tulis Arab?

Kalau seorang non muslim berkeinginan untuk menjadi muslim, apakah harus bisa berbahasa Arab? Apakah harus bisa baca tulis Arab? Jawabnya: TIDAK PERLU. Lalu apa sebenarnya syarat untuk menjadi muslim? Jawabnya TIDAK ADA SYARAT APAPUN. Lho kok begitu? Gimana penjelasannya?


Mengenai cara masuk Islam bisa dibaca lebih detail dalam artikel Bagaimana Caranya Masuk Agama Islam.


Tidak Ada Syarat Apapun Untuk Menjadi Seorang Muslim

Menjadi seorang muslim adalah pilihan hidup. Barangsiapa mau silakan mengikuti. Barangsiapa tidak mau maka tidak ada paksaan untuk menjadi muslim. Karena sifatnya yang terbuka umtuk siapapun yang mau maka dengan sendirinya tidak ada syarat apapun untuk menjadi muslim.


Syahadat ataupun Baiat hanyalah sebuah Ikrar

Ada yang mengatakan masuk Islam hanya sah kalau mengucapkan syahadat di depan Imam. ada juga kelompok tertentu yang mengatakan bahwa tidak sah keislaman seseorang sebelum berbaiat (ikrar islam) di deman Imam / pemimpin mereka. Ini tentu saja mengada ada. Bagaimana kalau sang Imam sedang keluar kota ,apakah keislaman seseorang harus ditunda sampai Imam datang? Bagaimana pula kalau seseorang sudah berketetapan masuk Islam padahal dia berada di negara non muslim yang tak ada satupun orang muslim berada di negara itu? Apakah dia harus ke luar negeri hanya untuk ikrar syahadat? tentu saja Tidak.

Seseorang memutuskan menjadi muslim atau tidak adalah urusan dia sendiri kepada Allah. Jadi sejak detik pertama dia memutuskan untuk menjadi muslim sembari mengatakan dalam hatinya,"Ya,.. saya menerima Islam sebagai agamaku" atau "Ya aku mengakui bahwa Tuhan ku hanyalah Allah, dan Muhammad memang benar benar orang yang membawa Aturan dan petunjuk dari Allah" maka sejak saat itulah orang itu menjadi muslim (terlepas ada orang lain yang tahu atau tidak)

Orang yang demikian ini kalau satu saat berada dilingkungan muslim kemudian ikut bersama sama yang lain menunaikan segala macam peribadatan Islam, tentu tidak akan ada yang menanyakan masalah dia sudah syahadat atau belum.


Baca Tulis Al Quran Hanyalah Alat

Kalau menjadi muslim harus nunggu bisa baca tulis Al quran itu salah besar. (keburu wafat : red)
kemampuan baca Alquran tentu sangat membantu seseorang untuk mempelajari Al Quran, terutama sekali kalau tidak ada Ulama yang membimbing. Akan tetapi untuk pokok pokok peribadatan Islam seperti sholat serta hafalan bacaan Al Quran sebenarnya bisa dengan mudah dipelajari tanpa harus bisa baca tulis Al Quran, dengan catatan memang ada Ulama atau ustadz yang mengajarinya.

Kalau kita perhatikan di masa Rasulullah, sebenarnya pengajaran Quran sama sekali tidak dilakukan dengan membaca tulisan arab melainkan mendengarkan bacaan Rasulullah kemudian menirukan, mengulangi dan menghafal. Sama sekali mereka tidak menggunakan media tulis dan baca


Membaca Terjemah Al Quran

Terjemahan Al Quran adalah alat bantu belajar Al Quran yang paling membantu terutama bagi orang orang yang tidak berbahasa Arab. Jangan habiskan waktu hanya untuk belajar mengeja dan membaca tulisan arab. Sembari kita belajar membaca jangan pernah berhenti membaca terjemahan Al Quran. Memang betul melafalkan bacaan Quran itu sangat besar pahalanya, tetapi tentu akan lebih besar manfaatnya ketika kita tahu makna dari apa yang kita baca. Kalau menunggu sampai kita ahli dalam memahami bahasa arab tentu terlalu lama. yang paling bagus adalah sembari belajar baca dan belajar bahasa arab, kita bisa mendapatkan manfaat dari Al Quran dengan membaca terjemahannya.

Salah satu keunggulan mualaf dibandingkan dengan kebanyakan penganut islam tradisional (muslin sejak lahir) salah satunya adalah bahwa: karena belum bisa baca quran maka yang dilakukan oleh mualaf adalah membaca terjemah untuk mempelajari Al Quran. Sementara muslim lain tengah sibuk belajar tadjwid dan melafalkan Quran tanpa tahu artinya, para mualaf sudah langsung mempelajari pesan pesan dan makna dari Al Quran. Sehingga para Mualaf cenderung lebih cepat memahami Islam secara komprehensif.


Membaca Tafsir Al Quran

Tafsir Al Quran juga merupakan alat bantu utama dalam mempelajari Al Quran. Tafsir adalah penjelasan mengenai makna ayat ayat Quran yang dilakukan oleh peneliti Al Quran yang memang sudah betul betul menguasai Al Quran, memahami bahasa arab, memahami sejarah Al Quran, dan memiliki keilmuan yang tinggi dalam menjelaskan berbagai persoalan yang berkaitan dengan ayat Al Quran.

Tidak Baca Al Quran apakah Mengurangi Kualitas Keislaman?


Jawabnya Tidak Sama Sekali. Tidak ada hubungannya atara kepandaian seseorang dalam membaca Quran dengan kualitas keislaman.
Yang benar adalah, kalau kita tidak pandai membaca Quran, kuatirnya  kalau ada ustadz yang mengajarkan bacaan yang salah kita tidak tahu.
Kalau kita bisa terus ada bersama ulama Ahli Quran sih tidak masalah karena kita bisa diajar langsung secara lisan sambil membaca terjemahan dan tafsir. Tetapi ketika Ulama tersebut tidak ada, atau kita mesti pergi meninggalkan ulama tersebut, bagaimana kita bisa melafalkan huruf huruf Quran kalau tidak pandai membacanya?

Belajar Al Quran Itu Mudah

Al Quran adalah kitab yang istimewa. Kitab yang diturunkan oleh Allah berupa lafal lafal ayat yang disampaikan secara lisan oleh Muhammad kemudian dihafal oleh para sahabat dan mulai dibukukan pada masa Khalifah pertama Abu Bakar Shidiq. Dimasa Rasulullah Al Quran tidak berbentuk buku seperti sekarang. Al Quran adalah ayat ayat Allah Yang dihafal sekaligus dimengerti maknanya (karena mereka semua orang berbahasa arab). Dan yang perlu diketahui adalah bahwa para pengikut Rasulullah berasal dari semua golongan ada yang bangsawan, terpelajar ada pula orang biasa yang kemampuannya biasa biasa saja.  Bahkan Rasulullah pun tidak pandai baca tulis. Tetapi hampir semua mereka menghafal Quran dan mengerti maknanya. Kalau mereka bisa maka tentunya semua orang yang lain juga bisa. Dan kemudahan belajar Quran ini dijamin oleh Allah dalam salah satu ayat Quran,"wa laqad yassarnal quran lidzikri fahal mim mudzakkir"
artinya " dan sungguh telah Kami mudahkan Quran bagi orang yang suka mengingat Tujan (belajar),maka manakah orang orang yang mau mengambil pelajaran?"


Belajar membaca Quran sekaligus mengerti ayatnya hanya perlu waktu 15 menit untuk satu ayat yang tidak terlalu panjang. Jadi tidak usah kuatir karena Quran itu pasti dimudahkan bagi orang yang mau mempelajarinya karena Allah.

"Barangsiapa yang mengatakan "Tuhanku adalah Allah" kemudian mereka tetap teguh dan gigih dalam mempelajari petunjuk Allah (Quran) maka turun kepada mereka itu malaikat malaikat yang senantiasa berdoa dan memohonkan ampunan atas mereka"