Kitab Ulangan 18 : 17-19 BIBEL Memberitakan Kedatangan Muhammad bukan Yesus

Kitab Ulangan 18 : 17 - 12 bagian dari Bibel Perjanjian Lama memberitakan dengan ciri ciri yang jelas mengenai kedatangan Muhammad. Acap kali umat Kristen menafsirkan bahwa Nabi Baru yang dimaksud dalam Kitab Ulangan tersebut bukanlah Muhammad melainkan Yesus. Tafsiran seperti ini bertentangan dengan keyakinan mereka bahwa Yesus adalah Tuhan dan bukan Nabi. Selain bertentangan, menisbatkan ayat tersebut sebagai isyarat kedatangan Yesus adalah salah, karena secara jelas teks ayat tersebut menyatakan demikian:
Kitab Ulangan 8 (sumber Alkitab terbitan LAI 2001)

17. Lalu berkatalah Tuhan kepadaku (Musa),"Apa yang dikatakan mereka itu baik"

18 Seorang Nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini: Aku akan menaruh FirmanKu dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya

19.Orang yang tidak mendengarkan segala Firmanku yang akan diucapkan Nabi itu demi namaKu, daripadanya akan kutuntut pertanggungjawaban


Penjelasan Ayat
Tiga ayat di atas, menurut redaksinya dapat disimpulkan sebagai perkataan Allah langsung kepada Nabi Musa. Beberapa poin pening dari ketiga ayat diatas adalah:

1.Yang akan dibangkitkan Allah untuk umat manusia adalah Seorang Nabi bukan seorang anak Tuhan, atau Tuhan atau penebus dosa sebagaimana atribut yang diberikan orang kristen kepada Yesus.

2.Nabi yang dijanjikan itu bukan dari mereka, tetapi berasal dari saudara mereka (bukan berasal dari mereka) artinya bukan dari kalangan bani Israel melainkan dari saudaranya Israel yaitu bangsa keturunan Ismail (nb: Ismail adalah Uwak/ Pakde dari Israil. yang disebut Israil adalah Nabi Ya'kub bin Ishaq). Dan satu satunya nabi setelah Musa yang berasal dari luar bani Israil adalah Muhammad.

3.Nabi yang dijanjikan itu seperti Musa. (lhat kalimat seperti engkau ini ). Kalau dijajarkan tiga nabi, Musa, Isa/ Yesus, dan Muhammad, ternyata yang lebihbanyak kesamaannya dengan Musa adalah Muhammad, bukan Yesus.