INDONESIA MENANG TERUS DI KEJUARAAN AFF. APA RAHASIANYA?

Indonesia menang terus di piala AFF, apa sih Rahasianya? Para pengamat sepakbola mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang membuat performa Tim Merah Putih ini begitu menggembirakan. Yang paling utama adalah materi pemain yang kualitasnya cukup merata ditambah masuknya dua pemain naturalisasi yaitu Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim. Tetapi materi pemain bagus juga tidak cukup bisa diandalkan jika pelatihnya tidak bisa meramu komposisi tim yang tepat berdasarkan kondisi lapangan selama pertandingan berlangsung. Adalah Alfred Riedl pelatih bertangan dingin asal Ukraina. Pemain bagus, pelatih bagus juga bisa tidak berarti apa apa kalau semangat bertandingnya tidak ada. Tetapi ada satu lagi rahasia dibalik kemenangan Bambang Pamungkas dkk, apa itu?

Tim Nasional Indonesia merah Putih bisa menang, selain karena memang kualitasnya permainannya bagus, adalah faktor Fair Play saat pertandingan berlangsung. Fair Play dapat dijaga selama pertandingan karena wasit yang memimpin pertandingan juga bagus serta terutama adil dan tidak berpihak. Dan Yang paling penting dari semua itu adalah bahwa 
1. Pertandingan sepak bola kejuaraan AFF ini diselenggarakan secara terbuka, transparan tanpa ditutup tutupi. Bisa dilihat seluruh rakyat Indonesia.
2. Penentuan skor dan kemenangan ditentukan langsung di lapangan oleh wasit yang adil dan fair play, berdasarkan fakta di lapangan yang disaksikan jutaan pasang mata secara langsung, tanpa harus menunggu keputusan Pengadilan.

LHOH LHOH GIMANA INI MAKSUDNYA? 


Coba saja pertandingan itu diselenggarakan tertutup tak boleh ada penonton tak boleh ada wartawan dan media yang meliput, pasti sangat mudah bagi para pemodal untuk mengatur skor dan menentukan pemenang dengan dengan cara "mentraktir" seluruh wasit dan para pemain.


Atau coba saja serahkan masalah penentuan skor dan kemenangan kepada pihak yang berwenang, yaitu Kepolisian, Kejaksaan, dan Pengadilan. Tentu nasib Timnas tak akan jauh beda dengan nasib Antasari, Bibit Chandra, dan para nasabah Century. Kalau misalnya wartawan bertanya tentang hasil sidang kepada Humas Kejaksaan, Kepolisian atau Pengadilan pasti dijawab,"Tenang saja lah, kita harus hormati keputusan pengadilan, semuanya harus sesuai prosedur hukum, dan bukti bukti gol, bukti tendangan, bukti kiper menangkap bola, bukti bahwa bola benar-benar masuk gawang semuanya harus bisa diungkap dipersidangan"


Nah ribet bukan?

Seperti itulah kira kira kalau pengamat politik dan hukum menbahas mengenai sepakbola. Ide Briliannya adalah:
 Bagaimana kalau kita balik,.. persidangan kasus kasus korupsi dan mafia hukum diselenggarakan saja di senayan secara terbuka, ditonton puluhan ribu penonton, diliput puluhan TV, transparan dan Fairplay sebagaimana pertandingan kejuaraan AFF?

Tentu saja ini hanya guyonan. tetapi tidakkah kita tahu bahwa ide membuat kapal terbang, dahulu juga hanya guyonan?

Kita tunggu saja

(by adil muhammad isa)