Nama-nama Rasulullah SAW

Bismillahirrohmaanirrohiim
assalaamualaikum

ini adalah kitab

الدرة المضيئة في السيرة النبوية

(atau Durrah al-Mudhi'ah fi Sirah Nabawiyah artinya sejarah Rasulullah SAW)


Penerbit: Maktab Dakwah Dan Bimbingan Jaliyat Rabwah. 1429 – 2008

Disusun Oleh:
Al-Hafiz Abdul Ghani bin Abdul Wahid Al-Maqdisy

Penerjemah :
Team Indonesia

Murajaah :
Abu Ziyad

##Nama-nama Rasulullah SAW##

Jubair bin Mut’im berkata: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Saya adalah
Muhammad, saya adalah Ahmad, saya adalah al-Mahi yang dengan sebabku
Allah SWT menghapus kekufuran, saya adalah al-Hasyir yang
mengumpulkan manusia, saya adalah al-A’qib yang tidak ada nabi lagi
setelahku.’” (Hadits sahih diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)
Abu Musa Abdullah bin Qais berkata: “Rasulullah SAW memberikan dirinya
beberapa nama di antaranya ada yang kami hafal. Beliau mengatakan: ‘Saya
Muhammad, saya Ahmad, saya al-Muqaffi, saya Nabi taubat dan Nabi
rahmat.’ Dalam riwayat lain: ‘dan Nabi peperangan.’ Hadits sahih diriwayatkan
oleh Muslim.
Jabir bin abdillah berkata: “Rasulullah SAW bersabda: ‘Saya Ahmad, saya Muhammad, saya al-Hasyir (yang mengumpulkan), saya al-Mahi (yang dengan sebabku Allah SWT menghapus kekefuran), dan pada hari kiamat
nanti panji kemuliaan berada di tanganku. Aku pemimpin para rasul dan
pemilik syafaat mereka."
Allah SWT memberikan nama kepadanya di dalam Al-Quran dengan nama
Basyir (pembawa kabar baik), Nadzir (pembawa berita buruk), Rauf (lemah
lembut), Rahim (penyayang), dan Rahmatan lilalamin (pembawa rahmat buat
alam semesta).